Hasrat untuk mencuri

Mencuri adalah perbuatan yg praktis dan efisien. Lawannya tentu adalah hak milik. Jadi saya mau bicara soal batasan dua hal tersebut.

Sebagaimana persepsi orang terhadap "mencuri" terlanjur buruk dan naif. Kita merasa sependapat dalam beberapa hal tentang mencuri, yaitu yang paling menjadi perhatian: harta. Mencuri, efektifnya memang pada objek harta yg memiliki nilai uang. Kenapa ingin mencuri sih? Karena mencuri itu adalah insting dasar yg bahkan dimiliki oleh binatang, Binatang seringkali curi-mencuri makanan, wilayah dan juga pasangan berkembang biak. Yang terjadi di dunia hewan, rata-rata karena hak milik dinilai rapuh (mungkin dari sisi kemampuan pemiliknya) atau timbul sikap menyerang demi mempertahankan dirinya sendiri ataupun kelangsungan generasi.

Pada manusia agak berbeda, dimana keinginan mecuri dari yg "lemah" itu minim. Tapi lebih ke besaran nilai uang dari barang yg diinginkan. Itulah sebabnya umumnya orang tidak sadar terhadap kasus mencuri yg lainnya yg mungkin tidak mempunyai nilai uang tapi sama-sama "berharga".

Entahlah pencuri atau bukan, pencuri lebih banyak ditemui di orang-orang kaya. Satu kata untuk mereka = pencuri. Bukti: apa perlu saya katakan seberapa hitam dunia bisnis itu, berapa kali kita selalu membenarkan bahwa suatu perbuatan mencuri itu bukan mencuri? Haus akan kekayaan?

Maling selalu teriak maling. Tidak ada yang perlu kita banggakan/percayakan terhadap pengusaha2 korup dinegeri ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments:

Post a Comment